kimia-campur

Selasa, 15 Juni 2010

IPTEK

Sebuah angka dengan ajaib dapat menjelaskan keteraturan alam. Mulai dari ukuran wajah manusia hingga jumlah ranting dalam sebatang pohon. Tidak percaya ? Simak penjelasannya berikut

Da Vinci Code
Da Vinci Code adalah sebuah novel yang ditulis oleh Dan Brown. Dalam salah satu babnya dijelaskan mengenai sebuah deretan angka ajaib yang dapat menjelaskan semua ukuran di muka bumi secara teratur. Angka ajaib tersebut adalah 1.6.

Tidak percaya ? Coba hitung tinggi badan kalian dari atas kepala hingga ujung kaki, lalu bagi dengan tinggi badan kalian mulai dari pusar hingga ujung kaki. Hasilnya ? 1.6 : 1.

Sekarang hitung panjang bahu kalian sampai ke ujung jari, lalu bagi panjang siku sampai ujung jari. Hasilnya ? 1.6 : 1. Hasil yang sama juga akan muncul jika  kalian membagi jumlah lebah madu betina dengan jantan dalam sebuah koloni.


Deretan Fibonanci
Kunci dari Da Vinci Code adalah deretan Fibonanci. Deretan Fibonanci adalah deretan angka yang menghasilkan angka 1.6. Deretan ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Leonardo Fibonanci pada tahun 1175. Deretan angka-angka tersebut adalah 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34, dan seterusnya.

Deretan diatas diperoleh dengan menjumlahkan angka pertama dengan angka kedua. Contoh : 0+1=1 ; 1+1=2 ; 2+1=3 ;dan seterusnya. Lalu bagaimana deretan angka ini berhubungan dengan Da Vinci Code ? Begini, jika kalian membagi sebuah angka dari deretan Fibonanci dengan angka sebelumnya,maka hasilnya adalah 1.6. Contoh : 34/21=1.619....;21/13=1.615....; dan seterusnya.

Deretan ini sangat bermanfaat jika kalian ingin membuat sebuah karya dengan proporsi yang benar, yaitu 1.6:1.


Leonardo Da Vinci
Contoh karya-karya yang menggunakan konsep Da Vinci Code diantaranya adalah piramid. Namun,karya yang sangat terkenal yang menggunakan konsep Da Vinci Code adalah lukisan Monalissa karya Leonardo Da Vinci. Da Vinci adalah salah seorang seniman besar yang selalu menggunakan rasio 1.6:1 dalam setiap karyanya. Mungkin inilah sebabnya mengapa perbandingan angka 1.6:1 disebut juga dengan istilah Da Vinci Code.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar